Daftar Isi:
  • Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan aplikasi ujian berbasis komputer dapat membantu kinerja guru. Manfaat penelitian ini adalah sebagai fasilitas dalam membantu meringankan beban guru pada proses pelaksanaan ujian serta membantu pelaporan yang diarsipkan, bagi sekolah tersedianya aplikasi ini sesuai dengan permasalahan yang di hadapi guru dan peserta didik. Penelitian dilaksankan di SMA Swasta Sinar Husni Helvetia dengan menggunakan metode penelitian Research and Development yaitu mengembangkan dan menghasilkan sebuah produk. Subjek uji coba produk yaitu pada uji coba awal sebanyak 1 guru PJOK dan 30 siswa-siswi kelas X, XI dan uji coba utama sebanyak 4 guru dan 128 siswa-siswi kelas X, XI SMA Swasta Sinar Husni. Indikator penilaian adalah correctness yaitu kelengkapan, reliability yaitu akurasi, dan toleransi kesalahan, integrity yaitu instrumentasi dan keamanan, usability yaitu kemudahan operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ujian berbasis kertas dapat dikembangkan menjadi aplikasi ujian berbasis komputer yang memudahkan kerja guru. Hasil validasi ahli materi pembelajaran diperoleh persentase 92,30% dan hasil validasi ahli media (IT) diperoleh persentase 92,69% dengan kriteria “sangat layak” dan dapat “digunakan”. Kemudian uji coba lapangan utama guru diperoleh persentase 93,89% dan siswa diperoleh persentase 94,06% dengan kriteria “sangat layak”. Produk yang telah di validasi dan dinyatakan sangat layak diproduksi kemudian di uji coba pre-tes dan post-tes, dari uji coba pre-tes dan post-tes diperoleh peningkatan nilai siswa yang menggunakan aplikasi sebesar 23,87% dengan kategori “sangat tinggi” artinya aplikasi tersebut memiliki efektivitas tinggi terhadap pelaksanaan ujian. Kesimpulan penelitian adalah penilaian kualitas produk “sistem aplikasi ujian berbasis komputer” dengan kriteria “sangat layak” untuk digunakan.