Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Inkuiri Terbimbing Pada Pada Materi Suhu Dan Kalor untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan dapat meningkatkan respon peserta didik dan keterampilan proses sains peserta didik. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan menggunakan model Borg and Gall. Bahan ajar Fisika yang dikembangkan dan tes keterampilan proses sains. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA SMA Swasta Cerdas Bangsa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data ada tiga yaitu angket yang digunakan untuk validasi bahan ajar oleh tim ahli materi dan desain, penilaian guru fisika dan respon siswa terhadap bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar fisika berbasis inkuiri terbimbing telah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif. Adanya peningkatan keterampilan proses sains peserta didik dengan menggunakan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing sebesar 0,53 kategori sedang.