Analisis Kemampuan Literasi, Berpikir Tingkat Tinggi, Keterampilan Proses Sains dan Sikap Mahasiswa pada Perkuliahan Taksonomi Spermatophyta
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan yang bertujuan untuk mengetahui: (1) kemampuan literasi; (2) kemampuan berpikir tingkat tinggi; (3) keterampilan proses sains; (4) sikap ilmiah mahasiswa; (5) hubungan antara kemampuan literasi sains dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa; (6) hubungan antara keterampilan proses sains dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa; (7) hubungan antara kemampuan literasi sains dengan sikap ilmiah mahasiswa dan (8) hubungan antara keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah pada mata kuliah Taksonomi Spermatophyta mahasiswa semester empat jurusan biologi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa semester empat tahun 2019 Jurusan Biologi Universitas Negeri Medan yang berjumlah 280 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik pengambilan sampel secara acak (random sampling) dengan jumlah sampel sebanyak 117 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa tes kemampuan literasi mahasiswa, kemampuan berpikir tingkat tinggi, dan keterampilan proses sains, serta angket sikap ilmiah mahasiswa. Metode penelitian ini bersifat deskriptif kuantitatif dengan Uji Regresi dengan taraf signifikansi α = 0,05. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa: (1) kemampuan literasi mahasiswa rata-rata 70,73 dengan kategori Baik; (2) kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa rata-rata 75,68 dengan kategori Baik; (3) kemampuan keterampilan proses sains mahasiswa rata-rata 67,05 dengan kategori Baik; (4) sikap ilmiah mahasiswa rata-rata 69,17 dengan kategori Baik; (5) terdapat hubungan signifikan antara kemampuan literasi sains dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa (r = 0,415; P = 0,000); (6) terdapat hubungan signifikan antara keterampilan proses sains dengan kemampuan berpikir tingkat tinggi mahasiswa (r = 0,968; P = 0,000); (7) terdapat hubungan signifikan antara kemampuan literasi sains dengan sikap ilmiah mahasiswa (r = 0,546; P = 0,000); dan (8) terdapat hubungan signifikan antara keterampilan proses sains dengan sikap ilmiah mahasiswa semester empat jurusan biologi Universitas Negeri Medan (r = 0,936; P = 0,000). Hasil penelitan ini mengimplikasikan bahwa literasi sains, dan keterampilan proses sains memberikan pengaruh terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi dan sikap lmiah mahasiswa menjadi lebih baik.