Model Problem Based Learning Berorientasi Lesson Study Menggunakan Media Adobe Flash dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model problem based learning berorientasi lesson study menggunakan media adobe flash dibandingkan dengan model direct instruction; peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi tinggi dibandingkan dengan motivasi rendah; dan interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Binjai T.A. 2019/2020. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPA 4 dan kelas XI IPA 5 masing-masing terdiri dari 25 siswa. Instrumen penelitian berupa tes objektif kemampuan berpikir kritis yang valid dan reliabel, angket motivasi belajar, dan lembar observasi lesson study. Teknik analisis data yang digunakan Two Way Anova dengan uji General Linear Model pada data yang telah berdistribusi normal dan homogen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan model problem based learning berorientasi lesson study menggunakan media adobe flash lebih baik dibandingkan dengan model direct instruction dengan nilai sig (0,000).; peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa yang memiliki motivasi tinggi lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi rendah dengan nilai sig (0,015); dan ada interaksi antara kedua model pembelajaran dengan tingkat motivasi dalam mempengaruhi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan nilai sig (0,003).