Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan pembelajaran daring mata pelajaran biologi di madrasah aliyah Se-Kabupaten Batubara. Jenis penelitian ini berupa deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel dimbil pada 16 sekolah, sebanyak 16 guru biologi dan 160 siswa kelas XI secara purposive sampling. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa instrumen lembar angket untuk mengukur RPP daring, aplikasi internet, media pembelajaran, materi pembelajaran biologi dan manajemen waktu oleh guru, serta permasalahan pembelajaran daring tanggapan oleh siswa. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil dalam penelitian ini adalah aspek ketersediaan RPP daring tergolong baik dengan rata-rata 0,77 atau 76,67%, penggunaan aplikasi internet tergolong kurang baik dengan rata-rata 0,55 atau 54,58, media pembelajaran tergolong baik dengan rata-rata 0,71 atau 70,97%, materi pembelajaran tergolong baik dengan rata-rata 0,73 atau 72,64%, manajemen waktu oleh guru tergolong baik dengan rata-rata 0,73 atau 73,19%, dan permasalahan pembelajaran daring tanggapan oleh siswa tergolong kategori kurang baik dengan rata-rata 0,50 atau 48,70%.