PENGEMBANGAN WEBSITE BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENDUKUNG PEMBELAJARAN ONLINE PADA MATERI LAJU REAKSI
Daftar Isi:
- Pada penelitian ini dilakukan pengembangan website sebagai media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran online pada materi laju reaksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek kelayakan isi, kelayakan bahasa, kelayakan penyajian berdasarkan problem based learning, dan kelayakan kegrafikan website sebagai media pembelajaran untuk mendukung pembelajaran online pada materi laju reaksi yang dikembangkan berdasarkan standar BSNP. Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Negeri Medan, SMA Swasta Sultan Iskandar Muda, dan SMA Swasta Katolik Trisakti Medan pada. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Sampel yang ditetapkan pada penelitian ini adalah dosen Kimia Universitas Negeri Medan sebanyak tiga orang, dosen Ilmu Komputer Universitas Negeri Medan sebanyak satu orang, dan guru bidang studi Kimia SMA Swasta Sultan Iskandar Muda, SMA Swasta Katolik Trisakti Medan, dan SMA Negeri 11 Medan masing-masing sebanyak satu orang. Pengembangan media pembelajaran dalam penelitian ini mengacu pada model R&D dengan desain instruksional 3D, yakni pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (devevelope). Kelayakan kegrafikan website memperoleh nilai rata-rata skor sebesar 3,77 kriteria sangat layak, dan rata-rata skor kelayakan isi sebesar 3,52 kriteria sangat layak, kelayakan bahasa sebesar 3,70 kriteria sangat layak, dan kelayakan penyajian sebesar 3,75 kriteria sangat layak.