Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan tipe STAD pada materi sistem gerak pasif pada masa pandemi covid 19 di SMA Negeri 7 Medan T.P 2020/2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan populasi penelitian yaitu seluruh kelas XI IPA SMA Negeri 7 Medan yang berjumlah 180. Sampel penelitian diambil secara acak yang berjumlah 72 orang. Dimana kelas yang menggunakan model pembelajaran tipe JIGSAW adalah kelas XI IPA 4 dan kelas yang menggunakan model pembelajaran tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) adalah kelas XI IPA 3 yang berjumlah 72 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih baik dibandingkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi sistem gerak pasif pada manusia. Dimana nilai rata-rata dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi yaitu sebesar 82,41. Sedangkan nilai rata-rata dengan menggunkan model pemebelajaran kooperatif tipe STAD yaitu sebesar 79,04. Perbedaan hasil belajar yang siswa terbukti melalui pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dengan taraf kepercayaan 0,05, dimana thitung > tTabel (2,83 > 1,99). Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan STAD pada materi sistem gerak pasif pada masa pandemi COVID 19 di kelas XI IPA SMA N 1 Medan T/P 2020/2021.