Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1) tingkat kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah, 2) proses jawaban metakognisi siswa dalam pemecahan masalah menerapkan pembelajaran penemuan terbimbing 3) kesulitan metakognisi yang dialami siswa dalam pemecahan masalah matematika. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah menerapkan pembelajaran penemuan terbimbing. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas XI-MIA SMAK Negeri Samosir. Sedangkan objek penelitian ini adalah kemampuan metakognisi siswa dalam pemecahan masalah menerapkan model pembelajaran penemuan terbimbing. Variabel Berdasarkan analisis data penelitian, diperoleh hasil bahwa: 1) Siswa yang berada pada tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis tinggi berada pada tingkat kemampuan metakognisi Reflektive Use. Siswa yang berada pada tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis sedang berada pada tingkat kemampuan metakognisi Strategic Use, dan Siswa yang berada pada tingkat kemampuan pemecahan masalah matematis rendah berada pada tingkat kemampuan metakognisi Aware Use. 2) proses jawaban metakognisi siswa. 3) Kesulitan metakognisi yang dialami oleh siswa dalam menyelesaikan masalah matematika termasuk kesuliatn fakta, konsep, prinsip dan prosedur.