Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah terdapat pengaruh ekuitas merek (kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas, dan loyalitas merek) di Roti Kacang Hj. Eliya Lubis Kota Tebing Tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian survei dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 541 orang dengan sampel yang diambil sebanyak 230 orang dengan menggunakan simple random sampling. Uji validitas instrumen menggunakan metode Pearson Product Momen , sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Setelah dilakukan perhitungan dengan bantuan program SPSS 22, maka diperoleh hasil: (1) Kesadaran Merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung sebesar 4,335>nilai t-tabel 1.651564 dan tingkat signifikansinya 0.000 ; (2) Asosiasi Merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung sebesar 3,696>nilai t-tabel 1.651564 dan tingkat signifikansinya 0.000 ; (3) Persepsi Kualitas berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung sebesar 3,521>nilai t-tabel 1.651564 dan tingkat signifikansinya 0.001 ; (4) Loyalitas Merek berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai t-hitung sebesar 4,893>nilai t-tabel 1.651564 dan tingkat signifikansinya 0.000 ; (5) Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas dan Loyalitas Merek secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian dengan nilai f hitung sebesar 22,677>nilai F tabel 3,03 dan tingkat signifikansinya 0,000. (5) Besarnya pengaruh Kesadaran Merek, Asosiasi Merek, Persepsi Kualitas, dan Loyalitas Merek terhadap keputusan pembelian (Adjusted R2) adalah sebesar 28,7%. Persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 15.256 + 0,186X1 + 0,156X2 + 0,167X3 + 0,219X4 + e