Pengembangan Bahan Ajar Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dengan Pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik Siswa Kelas VIII MTsS PP Al-Qomariah Galang
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas, kepraktisan dan efektifitas bahan ajar yang dikembangkan.serta untuk mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kritis siswa dengan menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Data diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar, lembar observasi , angket respon siswa, dan instrumen tes kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974) dengan mengembangkan bahan ajar matematika dengan pendekatan matematika realistik. Berdasarkan hasil validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan termasuk dalam kategori valid dengan nilai rata-rata total validitas buku siswa sebesar 4,50, LKPD sebesar 4,62 dan tes kemampuan berpikir kritis dalam kategori valid. Efektivitas perangkat pembelajaran yang memenuhi kriteria efektif dengan ketercapaian ketuntasan belajar siswa dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 86,1 %., aktivitas aktif siswa memenuhi kriteria toleransi waktu ideal yang ditetapkan, dan respon siswa terhadap perangkat pembelajaran dalam kategori baik. Serta ata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari uji coba I ke uji coba II adalah 0,34 poin dengan peningkatan ketuntasan belajar secara klasikal sebesar 17,35 %.