Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik berbantuan Geogebra untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan berpikir kreatif siswa SMP Negeri 17 Medan
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kevalidan, kepraktisan dan efektivitas perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik berbantuan geogebra yang dikembangkan terhadap peningkatan kemampuan koneksi dan berpikir kreatif matematis siswa SMP Negeri 17 Medan; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMR berbantuan Geogebra; 3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan PMR berbantuan Geogebra; 4) Mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siwa yang diajarkan melalui pendekatan realistik berbantuan Geogebra lebih baik dari pembelajaran konvensional; 5) Mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siwa yang diajarkan melalui pendekatan realistik berbantuan Geogebra lebih baik dari pembelajaran konvensional. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 17 Medan tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 32 siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitin pengembangan. Pada penelitian ini, peneliti mengembangkan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan realistik berbantuan geogebra yang meliputi Buku Guru (BG), Buku Siswa (BS) dan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD). Instrument penelitian yang dikembangkan adalah tes kemampuan koneksi dan berpikir kreatif matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Perangkat pembelajaran berbasis pendekatan realistik dalam meningkatkan kemampuan koneksi dan berpikir kreatif yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis dan efektif; 2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis berbasis pendekatan realistik berbantuan geogebra yang dikembangkan dilihat dari rata-rata N-gain 0,37 artinya berada dalam kategori “sedang”; 3) Peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis berbasis pendekatan realistik berbantuan geogebra yang dikembangkan dilihat dari rata-rata N-gain 0,31 artinya berada dalam kategori “sedang”; 4) Kemampuan koneksi matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran pendekatan realistik berbantuan geogebra lebih baik dari pada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional; 5) Kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang diajarkan dengan pembelajaran pendekatan realistik berbantuan geogebra lebih baik dari pada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional.