Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Budaya Mandailing dengan Pendekatan Open-ended untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik dan Self Efficacy Siswa SMP Negeri 2 Batangtoru
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan perangkat pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif; 2) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan koneksi matematik dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang dikembangkan ; 3) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan self-efficacy dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang dilakukan dalam dua tahap. Perangkat Pembelajaran yang dihasilkan dari penelitian ini adalah: Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD), Buku Siswa (BS), tes kemampuan koneksi matematik dan angket self-efficacy siswa. Dari hasil uji coba I dan uji coba II diperoleh: 1) perangkat pembelajaran dengan pendekatan Open-ended yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif ditinjau dari kriteria masing-masing; 2) terdapat peningkatan kemampuan koneksi matematik siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh rata-rata nilai posttest 61,76, dan meningkat pada uji coba II dengan rata-rata nilai posttest 82,35; 3) terdapat peningkatan kemampuan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran dengan pendekatan open-ended yang dikembangkan pada uji coba I memperoleh nilai sebesar 68,64 dan meningkat pada uji coba II dengan nilai 87,52. Berdasarkan hasil penelitian disarankan agar guru matematika mengupayakan pembelajaran matematika menggunakan pendekatan pembelajaran open-ended dan perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan koneksi matematik dan self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika.