Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan bahan ajar biologi topik ekologi kelas VII MTs berbasis penemuan terbimbing (guided discovery) dengan memanfaatkan lingkungan kebun sayur dalam peningkatan pengetahuan dan keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini dilakukan di MTs Negeri 2 Kabanjahe Tahun Pembelajaran 2017/2018. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Negeri 2 Kabanjahe yang berjumlah 238 orang terdiri dari 6 (enam) kelas, sedangkan yang menjadi sampel penelitian adalah VII-1 dengan jumlah 40 orang sebagai kelas eksperimen, kelas VII-2 dengan jumlah 40 orang sebagai kelas kontrol yang dipilih secara cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan non equivalent pretest posttest control group design. Seluruh data dianalisa dengan menggunakan program SPSS 21.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar biologi topik ekologi kelas VII MTs berbasis penemuan terbimbing (guided discovery) dengan memanfaatkan lingkungan kebun sayur efektif meningkatkan pengetahuan dan keterampilan proses sains siswa. Hal ini ditunjukkan oleh pengetahuan siswa yang dibelajarkan dengan bahan ajar ekologi yang dikembangkan hasil dimana pengetahuan siswa berbeda signifikan (thitung=4,992, P=0,000) dan keterampilan proses sains siswa juga berbeda signifikan (thitung=5,027, P=0,000).