Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah persepsi negatif mahasiswa terhadap profesi guru dan prestasi belajar mahasiswa yang rendah sehingga berdampak terhadap rendahnya minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara Persepsi pada profesi guru dan prestasi belajar mahasiswa terhadap minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini ialah seluruh mahasiswa prodi pendidikan ekonomi angkatan 2016 dengan sampel sebanyak 93 orang mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara angket dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Uji validitas angket dengan menggunakan rumus product moment person dan uji realibilitasnya dihitung dengan menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data penelitian adalah regresi linier berganda untuk menguji hipotesis penelitian dengan menggunakan uji t dan uji f dengan menggunakan aplikasi Eviews10. Berdasarkan hasil analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji hipotesis dapat disimpulkan bahwa persepsi pada profesi guru dan pretasi belajar mahasiswa berpengaruh terhadap minat mahasiswa menjadi guru. Hasil analisis linear berganda diperoleh persamaan Y = -21,58232 + 0,123299X1 + 0,958106X2 + e. Selanjutnya dilihat dari hasil uji hipotesis, secara parsial (uji t) nilai signifikan antara persepsi pada profesi guru terhadap minat mahasiswa menjadi guru yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 2,370769 > 1,986 dengan nilai signifikan 0,0199 < 0,05. Begitu juga nilai signifikan antara pretasi belajar mahasiswa terhadap minat mahasiswa menjadi guru yang ditunjukkan dengan nilai thitung > ttabel dimana 11,11626 > 1,986 dengan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Secara simultan (uji f) ditunjukkan dengan nilai Fhitung > Ftabel dimana 69,86045 > 3,10 dan nilai signifikan 0,00 < 0,05. Sehingga dapat dikatakan bahwa hipotesis diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara persepsi pada profesi guru dan pretasi belajar mahasiswa terhadap minat mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa prodi Pendidikan Ekonomi angkatan 2016 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dapat diterima.