Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa kelas X IPA SMA se-Kecamatan Medan Johor pada materi Protista, mengetahui kesulitan belajar siswa pada materi Protista, faktor internal dan faktor eksternal yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa pada materi Protista, mengetahui tingkat kemampuan pengetahuan kognitif siswa, dan pemahaman belajar siswa berpikir tingkat tinggi (HOTS). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggambarkan dan menjelaskan data berdasarkan apa adanya kenyataan di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SMA se-Kecamatan Medan Johor pada materi Protista dalam kategori rendah. Dan skor nilai soal berpikir tingkat tinggi (HOTS) dengan kategori rendah. Siswa di SMA se-Kecamatan Medan Johor mengalami kesulitan belajar. Hasil belajar siswa pada materi Protista dipengaruhi faktor internal yang ada pada diri siswa adalah faktor bakat, kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal dan pencapaian prestasi belajar. Indikator penyebab kesulitan belajar tertinggi terdapat pada indikator sarana merupakan faktor eksternal dengan kriteria sedang. Kurangnya atau minimnya sarana dan prasarana di sekolah untuk mendukung kegiatan belajar pada materi Protista menjadi penyebab kesulitan belajar.