Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Medan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Berbantu Media Power Point Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XII IPS di SMA Negeri 15 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 15 Medan T.P 2019/2020 yang beralamat di Jln. Sekolah Pembangunan No. 7, Sunggal, Kec. Medan Selayang Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII IPS SMA Negeri 15 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 94 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan purposive sampling yaitu 33 siswa di kelas XII IPS 2 sebagai kelas eksperimen dan 31 siswa di kelas XII IPS 3 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pilihan ganda sebanyak 15 soal dengan 5 option. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t pada taraf α= 0,05. Dari hasil analisis diporoleh: (1) nilai rata-rata (post-test) hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe scramble berbantu Media Power Point adalah 80,61 lebih tinggi dibandingkan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional, yaitu 70,48, dan (2) dari pengujian hipotesis diperoleh thitung (3,3130) ≥ ttabel = 1,669 yang menunjukkan bahwa hipotesis nol ditolak, yang berarti secara signifikan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe scramble berbantu Media Power Point adalah lebih tinggi dari hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble berbantu Media Power Point berpengaruh terhadap hasil belajar Akuntansi di SMA Negeri 15 Medan T.P 2019/2020.