Efektivitas Buku Ajar Kultur Jaringan Berbasis Riset Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Keterampilan Proses Sains dan Sikap Ilmiah Mahasiswa Biologi Unimed
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan buku ajar kultur jaringan berbasis riset dalam pencapaian hasil belajar mahasiswa terhadap kemampuan pemecahan masalah, keterampilan proses sains dan sikap ilmiah. Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi S1 Biologi Semester VI tahun akademik 2019/2020 Universitas Negeri Medan yang berjumlah 74 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik perposive sampling yang menghasilkan kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas eksperimen dalam perlakuannya dengan menggunakan buku ajar bebasis riset sedangkan kelas kontrol menggunakan buku ajar berbasis konvensional. Desain yang digunakan adalah Pretest-Posttest Countrol Group Design. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar dan angket dan untuk menguji hipotesis menggunakan analisis uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 65,056 pada kemampuan pemecahan masalah, 66,500 pada keterampilan proses sains, 81,528 pada sikap ilmiah dan rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 80,474, 80,474 dan 91,026. Uji-t pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa t hitung 4,112 > t tabel 2,02809 pada kemampuan pemecahan masalah, t hitung 4,112 > t tabel 2,02809 pada keterampilan proses sains dan t hitung 5,413 > t tabel 2,02809 pada sikap ilmiah. Dengan demikian kelompok mahasiswa yang mendapatkan perlakuan dengan menggunakan buku ajar berbasis riset memiliki skor rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok mahasiswa yang dalam pembelajaran tanpa menggunakan buku ajar berbasis riset.