Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Based Learning Dengan Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Kemampuan Bepikir Kreatif Dan Sikap Percaya Diri Siswa
Daftar Isi:
- Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis Problem Based Learning (PBL) dengan Pendekatan Saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan sikap percaya diri siswa (self confidence) yang valid, praktis dan efektif.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Medan semester genap tahun ajaran 2019/2020, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah perangkat pembelajaran berbasis pendekatan saintifik, materi segi empat yang dikembangkan. Tahapan penelitian ini adalah Tahapan penelitian ini adalah tahapan analisis, tahap perencanaan (design). Tahap pengembangan (develop) dan tahap uji coba (valiadasi).Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Validitas Perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan termasuk kategori valid, dengan nilai rata-rata dari para ahli diperoleh: RPP (4,565) ;Buku Guru (4,475);Buku Siswa (4,508) ; Lembar Kerja Siswa (4,474); (2) Perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan temasuk kategori praktis dengan penilaian para ahli diperoleh bahwa: pada uji coba I sebesar 4,10 (sangat tinggi/ praktis) dan pada uji coba II sebesar 4,3 (sangat tinggi/ praktis); reliabilitas instrument perangkat pada uji coba I sebesar 98,53 (baik) dan pada uji coba II sebesar 98,20 (baik). (3) Perangkat pembelajaran berbasis masalah dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan lebih dari 80% siswa memberikan respon positif terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan.