Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh status sosial ekonomi, perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar siswa akuntansi SMK PAB 2 Medan Helvetia. Penelitian ini dilaksanakan di SMK PAB 2 Medan Helvetia yang beralamat di Jalan Veteran Pasar IV Helvetia, Kecamatan Labuhan Deli, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara Kode Pos 20373. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 134 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang, dimana pengambilan sampel Stratifite Random Sampling dengan teknik undian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah menggunakan dokumentasi dan penyebaran angket yang telah diuji terlebih dahulu. Kemudian pernyataan yang dinyatakan valid dan reliabel digunakan untuk pengumpulan data penelitian. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 2,173 > 1,984 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,032 < 0,05. Kemudian perhatian orang tua berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan dengan nilai nilai thitung sebesar 3,565 > 1,984 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,001 < 0,05. Begitu juga dengan motivasi belajar juga terdapat pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi terhadap prestasi belajar siswa dengan nilai thitung sebesar 4,370 > 1,984 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya status sosial ekonomi, perhatian orang tua dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai Fhitung sebesar ,346 > 2,70 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan besarnya pengaruh ketiga variabel bebas tersebut adalah 53,7%, sedangkan 46,3% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.