PENGARUH KEMANDIRIAN DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 7 MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar akuntansi siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII Jurusan Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 7 Medan yang beralamat di Jalan STM No. 12 E, Sitirejo II, Kec. Medan Amplas. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi sebanyak 173 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 121 siswa, dimana pengambilan sampel Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diketahui bahwa Y = 4,844 + 0,730X1 + 0,201 X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien kemandirian belajar (b1) bernilai positif, hal ini menunjukkan bahwa saat Kemandirian belajar mengalami kenaikan maka prestasi belajar akuntansi siswa mengalami peningkatan dan sebaliknya. Begitu juga halnya nilai koefisien minat belajar (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila minat belajar siswa mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi siswa akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara Kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung > ttabel (13,899 > 1,980) dan nilai signifikansi (0,000 < 0,05). Minat belajar juga berpengaruh terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung > ttabel (3,515 > 1,980) dan nilai signifikansi (0,001 < 0,05). Selanjutnya kemandirian belajar dan minat belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi diperoleh Fhitung sebesar 383,874 dan Ftabel sebesar 3,07. Dengan demikian nilai Fhitung > Ftabel (383,874 > 3,07) dan nilai signifikasi (0,000 < 0,05). Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut sebesar 86,7%. berarti terdapat 13,3% lagi dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil uji regresi linear berganda dapat disimpulkan bahwa Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh signifikan kemandirian belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntansi SMK Negeri 7 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh signifikan Minat belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntanssi SMK Negeri 7 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara simultan ada pengaruh signifikan antara Kemandirian belajar dan Minat belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII Akuntansi SMKN 7 Medan.