PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XI SMK SWASTA NUR AZIZI TANJUNG MORAWA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Akuntansi di kelas XI AKL SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Time Token lebih tinggi dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas XI di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa pada semester ganjil Tahun Pembelajaran 2020/2021. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AKL SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021 yang berjumlah 92 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah Purposive Sampling yang terdiri dari kelas XI AKL 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI AKL-2 sebagai kelas kontrol. Penentuan besarnya jumlah sampel digunakan dengan menggunakan rumus Slovin yang masing-masing kelas berjumlah 37 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Tes tersebut berupa pre-test dan post-test dalam bentuk pilihan berganda yang dikutip dari buku pegangan guru sehingga tidak perlu lagi diuji validitas maupun reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-t dengan kriteria thitung > ttabel pada signifikansi α = 0,05. Dari hasil analisis data kelas eksperimen nilai rata-rata pre test dan post test yaitu 40,14 dan 87,84. Sedangkan pada kelas kontrol nilai rata-rata pre test dan post test yaitu 40,14 dan 74,86. Pengujian hipotesis dari hasil post test yang dilakukan diperoleh thitung 7,5875 dan ttabel 1,6684. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat ditentukan bahwa jika thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan hasil belajar akuntansi dengan materi piutang tak tertagih yang diajar dengan model Pembelajaran Time Token lebih tinggi secara signifikan dibanding hasil belajar akuntansi yang diajar dengan menggunakan metode Konvensional pada siswa kelas XI di SMK Swasta Nur Azizi Tanjung Morawa Tahun Pembelajaran 2020/2021.