Daftar Isi:
  • Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas XI di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa melalui penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Saintifik. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Karya Batang Kuis yang beralamat di Jl. Batang Kuis Desa Tanjung Sari, Batang Kuis. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi 2 yang berjumlah 28 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Santifik. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus I terdapat 13 siswa (46,42%) yang tergolong aktif dan pada siklus II meningkat menjadi 24 siswa (85,71%). Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 39,29%, dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥ 85% dari jumlah siswa dengan skor ≥23. Untuk hasil belajar siswa pada pre-test terdapat 9 siswa (32,14%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 57,50. Pada Post-test I terdapat 18 siswa (64,28%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 73,21. Kemudian Post-test II pada siklus II terdapat 24 siswa (85,71%) yang tuntas dengan nilai rata-rata 85,10. Sehingga dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 21,43% dan telah memenuhi indikator keberhasilan yaitu ≥ 85% dari jumlah siswa dengan nilai ≥75. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapam model pembelajaran Problem Posing dengan Pendekatan Saintifik dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan materi penjualan barang dagangan secara kredit, wesel dan angsuran kelas XI SMKS Tunas Karya Batang Kuis Tahun Pembelajaran 2020/2021.