PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AKUNTANSI BERBASIS WEB BLOG PADA MATERI KOMPETENSI DASAR MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN DAGANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK SWASTA TRITECH INFROMATIKA T.P 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini masih banyaknya guru yang belum menggunakan media pembelajaran yang sesuai perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran akuntansi berbasis web blog pada materi kompetensi dasar menyusun laporan keungan yang Layak untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI Akuntansi SMK Tritech Informatika Penelitian ini dilaksanakan di SMK Tritech Informatika. Subjek dan Objek pada penelitian dan pengembangan ini adalah ahli materi bidang Studi Akuntansi, Ahli media Pembelajaran, Praktisi pembelajaran Akuntansi yaitu guru akuntansi SMK Swasta Tritech Informatika dan Siswa kelas XI Akuntansi SMK Swasta Tritech Informatika. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data dalam penelitian pengembangan ini melalui angket. Data yang diperoleh dari angket dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Teknik analisis data dalam penelitian ini dapat diketahui melalui lembar penilaian yang diberikan kepada para ahli dan angket motivasi belajar yang diberikan untuk siswa.Data yang diperoleh dari uji coba yaitu data kualitatif dan data kuantitatif. Hasil penelitian terdiri dari lima tahap membuat Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog yaitu: 1) Analysis, 2) Design (Perancangan), 3) Development, 4) Implementation, dan 5) Evaluation. Tingkat kelayakan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog berdasarkan penilaian: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata skor 3,68 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata skor 2,97 yang termasuk dalam kategori Baik, dan 3) Guru Akuntansi diperoleh rata-rata skor 3,7 yang termasuk dalam kategori Sangat Baik. Penilaian kelayakan oleh siswa uji \coba akhir memperoleh rata-rata skor 3,4 yang termasuk kategori Sangat Baik. Dengan demikian Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog ini sangat baik dan layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan analisis Motivasi Belajar siswa sebelum dan sesudah penggunaan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog, diperoleh peningkatan sebesar 7,14% dari 71,78% menjadi 78,92%. Pada pengujian uji t berpasangan diperoleh t hitung sebesar -5.882 dengan sig. 0,000 yang menunjukkan pengukuran signifikan sehingga kesimpulannya adalah pengembangan Media Pembelajaran Akuntansi Berbasis Web Blog dapat meningkatkan Motivasi Belajar Akuntansi.