Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Bentuk Komik Pada Tema Indahnya Keberagaman Negeriku Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 028071 Binjai
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui validitas ataupun kelayakan media pembelajaran tematik bentuk komik; 2) Untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran tematik bentuk komik. Sehingga mampu membantu hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV Sekolah Dasar 020871 Binjai. Penelitianini merupakan penelitian Research & Development (R&D) meliputi analysis, Desaign, Depelovment, Implementation, dan Evaluation. Desain Komik menggunakan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar. Data telah diverifikasi oleh 4 orang ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, ahli desain dan ahli kelayakan penyajian. Hasil penilaian oleh ahli materi sebelum revisi yaitu persentase sebesar 67% pada kriteria layak, materi setelah direvisi sebesar 92% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian oleh ahli kelayakan penyajian komik sebelum revisi memperoleh rata-rata sebesar 66% pada kategori layak, setelah revisi mencapai persentase 91% pda kategori sangat layak. Hasil validasi ahli bahasa sebelum revisi memperoleh persentase 65% pada kategori layak, setelah revisi memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli desain sebelum revisi memperoleh rata-rata sebesar 65% pada kategori layak, setelah revisi memperoleh rata-rata 90% pada kategori sangat layak. Uji efektivitas berdasarkan nilai gainc score pada kelas eksperimen diperoleh nilai 0,6255 dengan kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata Gain Score sebesar 0,2257 pada kategori rendah. Nilai pretest siswa pada kelas eksperimen sebelum menggunakan komik tematik rata-rata 61,50. Sedangkan nilai postes siswa setelah menggunakan komik tematik rata-rata 87,00. Nilai pretest siswa pada kelas kontrol 65,00 sedangkan nilai posttest kelas kontrol 74,50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua data postest hasil belajar siswa mempunyai nilai thitung (=0,000) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan komik sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.