Pengembangan Bahan ajar Berbasis Inkuiri Terbimbing Materi Perpindahan Kalor Kelas V SD Negeri 2 Alue Teh
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan hasil validasi produk bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan kalor kelas V SD Negeri 2 Alue The; dan 2) menganalisis efektifitas bahan ajar IPA berbasis inkuiri terbimbing pada materi perpindahan kalor yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Alue Teh. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SD Negeri 2 Alue Teh. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) meliputi Define (pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Desain bahan ajar menggunakan uji coba kelompok kecil, dan uji kelompok besar yang dilakukan di kelas V SD Negeri 2 Alue Teh. Data telah diverifikasi oleh 2 dosen ahli materi, dan 2 dosen ahli desain. Secara keseluruhan hasil validasi ahli materi memperoleh rata-rata 92% dengan kategori sangat layak sedangkan hasil validasi ahli desain secara keseluruhan memperoleh rata-rata 95% pada kategori sangat layak. Pada tahap efektifitas, diperoleh nilai gains score kelas eksperimen sebesar 0,785 pada kategori tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai nilai 0,460 pada kategori sedang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua data postest kemampuan hasil belajar siswa mempunyai nilai thitung (=0,000) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif sehingga H0 ditolak. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa “terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar antara siswa yang di ajar dengan menggunakan bahan ajar berbasis inkuiri terbimbing dengan siswa yang tidak diajarkan menggunakan inkuiri terbimbing. Ketercapaian pembelajaran menggunakan bahan ajar berbasis inkuiri secara klasikal yakni 87% dengan kategori sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan ajar berbasis inkuiri sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.