Pengembangan Media Pembelajaran Big book Subtema Indahnya Keberagaman Budaya Negeriku Pada Muatan IPS Di Kelas IV SD Negeri 026609 Binjai
Daftar Isi:
- Masih terbatasnya media pembelajaran yang digunakan oleh guru merupakan salah faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan media pembelajaran Big book sub tema indahnya keragaman budaya negeriku pada muatan IPS yang layak digunakan siswa di kelas IV; 2) menghasilkan media Big book pembelajaran pada sub tema indahnya keragaman budaya negeriku yang efektif pada muatan IPS di kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian Research & Development (R&D) meliputi analysis, Desaign, Depelovment, Implementation, dan Evaluation. Desain big book menggunakan uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar. Data telah diverifikasi oleh 4 orang ahli yaitu ahli materi, ahli bahasa, ahli desain dan ahli kelayakan penyajian. Hasil penilaian oleh ahli materi sebelum revisi yaitu persentase sebesar 61% pada kriteria layak. Hasil penilaian oleh ahli materi setelah direvisi memperoleh persentase sebesar 78% dengan kategori sangat layak. Hasil penilaian oleh ahli kelayakan penyajian big book sebelum revisi memperoleh rata-rata sebesar 66% pada kategori layak. Hasil validasi kelayakan penyajian sebelum revisi sebesar 69% pada kategori layak. Hasil validasai ahli kelayakan penyajian big book setelah revisi mencapai persentase 88% pada kategori sangat layak. Hasil validasi ahli bahasa sebelum revisi memperoleh persentase 50% pada kategori cukup layak. Hasil validasi ahli bahasa setelah revisi memperoleh persentase sebesar 90% dengan kategori sangat layak. Hasil validasi ahli desain sebelum revisi memperoleh rata-rata sebesar 65% pada kategori layak. Sedangkan hasil validasi ahli desain setelah revisi memperoleh rata-rata 95% pada kategori sangat layak. Berdasarkan hasil perhitungan nilai gainc score diperoleh nilai rata-rata gain score pada kelas eksperimen sebesar 0,75 dengan kategori tinggi. Sedangkan nilai gains score pada kelas kontrol yaitu 0,46 dengan kategori sedang. Hasil penelitian nilai thitung (=0,000) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif sehingga H0 ditolak. Nilai pretest kelas eksperimen sebelum menggunakan big book rata-rata 45,28. Pada kelas kontrol memperoleh nilai rata-rata sebesar 45,12. Sedangkan nilai postes siswa pada kelas eksperimen setelah menggunakan big book rata-rata 86,80. Nilai posttest kelas kontrol memperole rata-rata sebesar 72,40 Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan big book sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.