Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan perangkat pembelajaran valid, praktis, dan efektif yang dikembangkan melalui strategi Wankat-Oreovocz, (2) menganalisis peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz, (3) menganalisis peningkatan self-efficacy siswa dengan menggunakan perangkat pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz, (4) menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan tes kemampuan pemecahan masalah matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan, Semmel, dan Semmel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Manyak Payed. Penelitian ini menghasilkan perangkat pembelajaran yang berupa buku siswa, lembar kerja peserta didik, tes kemampuan pemecahan masalah matematis siswa, dan angket self-efficacy. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan melalui strategi Wankat-Oreovocz valid, praktis, dan efektif, (2) peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa menggunakan perangkat pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz meningkat pada tahap penyebaran, (3) peningkatan self-efficacy siswa menggunakan perangkat pembelajaran strategi Wankat-Oreovocz meningkat pada tahap penyebaran, (4) hasil analisis kesalahan siswa ditinjau dari Newman Error Analysis (NEA) diperoleh bahwa dari 46 total kesalahan, terdapat 5 kesalahan pada aspek pemahaman, 12 kesalahan pada aspek transformasi, 15 kesalahan pada aspek keterampilan proses, dan 14 kesalahan pada aspek kemampuan mengkoding. Sedangkan pada aspek kemampuan membaca, siswa tidak mengalami kesulitan. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat menggunakan perangkat pembelajaran ini untuk menumbuhkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.