Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi sistem gerak pada siswa di MAN 1 Kota Medan. (2) Mengetahui gambaran kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi sistem gerak pada siswa di MAL UIN SU Kota Medan.(3) Mengetahui perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi sistem gerak pada siswa di MAN 1 Medan dengan di MAL UIN SU Medan. (4) Mengetahui proses pembelajaran sistem gerak pada masa pendemi COVID 19 di MAN 1 Medan dan di MAL UIN SU Medan. Metode penelitian ini menggunakan tipe penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Instrumen penelitian telah diuji validitas, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran. Data penelitian yang dikumpulkan dari sampel adalah berupa belajar siswa yang diperoleh dari tes kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa berupa pilihan berganda. Hipotesis diuji menggunakan analisis Uji T-Test dalam Independent T- Test melalui SPSS versi 25 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem gerak di kelas XI MAN 1 Kota Medan skor rata-rata sebesar 84,83 dengan kategori baik., (2) Kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem gerak di kelas XI MAL UIN SU Kota Medan skor rata-rata sebesar 82,17 dengan kategori baik. (3) Bahwa ada perbedaan antara rata-rata kemampuan berpikir tingkat tinggi pada materi sistem gerak antara siswa di kelas XI MAN 1 Kota Medan dan siswa kelas XI MAL UINSU Kota Medan. Dengan nilai Sig (2-tailed) 0,048 lebih kecil dari taraf signifikan 0,05 dan nilai t hitung > t tabel (2.125 > 2,048). (4) Indikator tertinggi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas XI MAN 1 Kota Medan yaitu mencipta, sedangkan indikator tertinggi kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa di kelas XI MAL UIN SU Kota Medan yaitu menganalisis, ini menunjukkan bahwa pada masa pendemi COVID 19 siswa MAN 1 Kota Medan memiliki kemampuan berpikir tinggkat tinggi yang baik pada proses pembelajaran daring pada materi sestem gerak dari pada siswa MAL UIN SU Kota Medan, walaupun tingkat perbedaannya rendah terlihat dari nilai rata-rata dua kelompok sampel penelitian. Kesimpulannya bahwa terdapat kemampuan berpikir tingkat pada materi sistem gerak antara siswa di kelas XI MAN 1 Kota Medan dan siswa kelas XI MAL UIN SU Kota Medan.