PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS XII IPS SMA NEGERI 5 MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah kurang baiknya Prestasi Belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh disiplin belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi siswa kelas XII IPS SMA Negeri 5 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 5 Medan yang beralamat di Jalan Pelajar Timur No.17, Teladan Timur, Kec. Medan Kota, Kota Medan, Sumatera Utara. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS sebanyak 94 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik total sampling dimana jumlah sampel sama dengan jumlah populasi, sehingga sampel dalam penelitian ini adalah 94 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dan penyebaran angket. Angket penelitian tersebut diuji terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas dan realibilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 0,343 + 0,366X1 + 0,623X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien disiplin belajar (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila disiplin belajar (X1) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi sisiwa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien motivasi belajar (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila motivasi belajar siswa (X2) mengalami kenaikan, maka prestasi belajar akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara disiplin belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 4,840 > 1,986 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Motivasi belajar juga berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi dengan nilai thitung sebesar 8,314 > 1,986 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya disiplin belajar dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar akuntansi keuangan dengan nilai Fhitung sebesar 148,032 > 3,10 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 76,5%, sedangkan 23,5% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.