PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT DENGAN METODE RESITASI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP DAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKL 1 SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya pemahaman konsep dan hasil belajar akuntansi kelas XI AK 1 SMK Swasta Jambi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep dan hasil belajar akuntansi siswa dengan penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan metode resitasi di kelas XI AK 1 SMK Swasta Jambi Medan T.P 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Jambi yang beralamat di Jalan Pertiwi No. 116, Bantan, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AK 1 yang berjumlah 30 orang. Objek dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan metode Resitasi untuk meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumulan data dalam penelitian ini adalah lembar observasi pemahaman konsep siswa dan tes hasil belajar. Teknik analisis data penelitian ini adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Dari hasil penelitian, pemahaman konsep siswa pada siklus I terdapat 16 siswa (53,33%) yang termasuk dalam kriteria paham. Pada siklus II siswa yang termasuk kriteria paham meningkat menjadi 26 siswa (86,67%). Dari hasil analisis data tes hasil belajar diperoleh data dengan nilai rata-rata yang diperoleh dari pre-test 65,87 dengan siswa yang tuntas 9 siswa (30%) dan post test dengan nilai rata-rata yaitu 77,2 dengan siswa yang tuntas 17 siswa (56,7%) dan meningkat di hasil post test siklus II dengan nilai rata-rata 85,67 dengan siswa yang tuntas sebanyak 27 siswa (90%). Berdasarkan analisis di atas dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Script dengan metode Resitasi dapat meningkatkan pemahaman konsep dan hasil belajar akuntansi siswa di kelas XI AK 1 SMK Swasta Jambi Medan tahun pembelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran Jurnal Penyesuaian.