PENGARUH DAYA TANGGAP (RESPONSIVENESS) DAN PERSEPSI HARGA (PERCEIVED PRICE) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI RUMAH MAKAN PONDOK TERAPUNG PAGURAWAN KABUPATEN BATUBARA
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah menurunnya keputusan pembelian di rumah makan Pondok Terapung Pagurawan dari tahun 2018-2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara pasrsial dan simultan pengaruh Daya Tanggap dan Persepsi Harga terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Pondok Terapung Pagurawan. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 563 orang dengan jumlah sampel sebanyak 234 orang. Sampel merupakan pembeli di rumah Makan Pondok Terapung dan ditentukan dengan menggunakan metode accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitan ini adalah analisis regresi linear berganda, dengan hasil penelitian diperoleh Y = 16,525 + 0,346 X1 -0,393 X2 + e. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil uji parsial t menunjukkan nilai t hitung variabel Daya Tanggap sebesar 14,775 > t tabel sebesar 1,970. Nilai t hitung variabel Persepsi Harga sebesar -16,334 < t tabel sebesar 1,970. Nilai signifikan variabel Daya Tanggap dan Persepsi Harga bersama-sama sebesar 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan secara parsial variabel Daya Tanggap berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, dan Persepsi Harga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Pondok Terapung Pagurawan; (2) hasil uji F (Simultan) menunjukkan bahwa nilai F hitung sebesar 552.979 > F tabel sebesar 3,03 dengan tingkat signifikan sebesar (α) 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan secara simultan variabel Daya Tanggap dan Persepsi Harga berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian di Rumah Makan Pondok Terapung Pagurawan.