Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write ditinjau dari studi literatur hasil penelitian sebelumnya. Penelitian ini adalah studi literatur atau riset kepustakaan sehingga data yang diperoleh berasal dari kumpulan literatur seperti jurnal dan skripsi yang relevan dengan topik pembahasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode analisis hasil penelitian dari sumber data literatur yaitu jurnal dan skripsi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write merupakan salah satu alternatif model pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis dengan kategori baik dan sangat baik. Hal ini dikarenakan pelaksanaan langkah-langkah pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write dilaksanakan dengan baik dari segi aktivitas guru maupun siswa. Upaya atau tindakan yang dilakukan dalam meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa memberikah hasil yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh kemampuan awal siswa yang berbeda, permasalahan yang berbeda, dan perbaikan tindakan serta instrumen pembelajaran yang berbeda. Oleh karena itu semakin baik tindakan dan instrumen pembelajaran yang diberikan maka semakin baik juga peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang diperoleh.