PENGARUH POTENSI DIRI, SOSIAL EKONOMI KELUARGA DAN GENDER TERHADAP MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII SMK SWASTA DI KOTA MEDAN
Daftar Isi:
- Persentase jumlah siswa yang tidak bekerja mencapai 50% dan rendahnya persentase siswa yang melanjut ke Perguruan Tinggi.Tetapi, tidak semua siswa yakin akan potensi diri yang dimiliki. Sosial ekonomi keluarga siswa rata-rata berasal dari keluarga dengan tingkat ekonomi menengah kebawah. Serta, jumlah siswa diSMKS berjenis kelamin perempuan lebih banyak daripada siswa berjenis kelamin laki-laki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pengaruh potensi diri terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikan akuntansi, 2)Pengaruh Sosial Ekonomi Keluarga terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikan akuntansi, 3)Pengaruh Gender terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikan akuntansi, dan 4)Pengaruh potensi diri, sosial ekonomi keluarga dan gender terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikan akuntansi pada siswa kelas XII SMK Swasta di kota medan. Penelitian ini dilaksanakan di 3 SMKS Kec Medan Kota pada Bidang Keahlian Akuntansi yaitu, SMKS Dwi Warna, SMKS Eria, SMKS YPK. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Expost Facto. Populasi nya adalah seluruh siswa kelas II SMKS di Kota Medan yang berakreditasi A diBidang Keahlian Akuntansi. Dimana sampel yang diambil ialah berjumlah 100 orang siswa. Instrument dari penelitian ini terdiri dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dengan uji prasyarat yakni uji normalitas dengan Kolmogorov Smirnov, Uji linieritas, Uji multikolinieritas dan Uji heteroskedastisitas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t, Uji-F dan Uji koefisien determinasi. Dari hasil analisis diperoleh adanya pengaruh yang positif dan signifikan potensi diri, sosial ekonomi keluarga dan gender terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikkan akuntansi pada siswa kelas XII SMK Swasta di Kota Medan secara simultan. Hal ini di tandai dengan nilai Fhitung > Ftabel yaitu (6.179>2,47). Sedangkan hasil uji t untuk variabel potensi diri terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikkan akuntansi menunjukkan nilai thitung > ttabel (2.599>1.660) dengan nilai sig.<0,05 (0,034<0,05). Hasil uji t untuk variabel sosial ekonomi keluarga terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikkan akuntansi menunjukkan nilai thitung > ttabel (3.216>1.660) dengan nilai sig.<0,05 (0,002<0,05). Dan hasil uji t untuk variabel gender terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikkan akuntansi menunjukkan nilai thitung > ttabel (2.525>1.660) dengan nilai sig.<0,05 (0,028 < 0,05). Sedangkan nilai R Square sebesar 34,2% dan 65,8% dipengaruhi oleh variabel lain. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan potensi diri, sosial ekonomi keluarga dan gender terhadap minat melanjutkan studi ke program studi pendidikan akuntansi pada siswa kelas XII SMK Swasta di kota medan.