PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN SELF-EFFICACY TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X SMK NEGERI DI KOTA MEDAN
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah kurang optimalnya Prestasi Belajar Akuntansi siswa Kelas X SMK Negeri di kota Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar dan self efficacy terhadap Prestasi Belajar Akuntansi siswa Kelas X SMK Negeri di kota Medan. Penelitian ini dilaksanakan di 1). SMK Negeri 1 Medan, yang beralamat di Jl. Sindoro No. 1, Pusat Ps., Kec. Medan Kota, Kota Medan, 2). SMK Negeri 6 Medan, yang beralamat di Jl. Jambi No. 23 D Medan, Pandau Hilir, Kec. Medan Perjuangan, Kota Medan, dan 3). SMK Negeri 7 Medan, yang beralamat di Jl. STM No. 12 E, Sitirejo II, Kec. Medan Amplas, Kota Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi sebanyak 467 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 215 siswa, dimana pengambilan sampel Simple Random Sampling dengan teknik acak. Pengumpulan dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 21. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 36,827+ 0,127X1 + 0,440X2,. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien kebiasaan belajar (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila kebiasaan belajar (X1) mengalami kenaikan, maka Prestasi Belajar Akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien self efficacy (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila self efficacy siswa (X2) mengalami kenaikan, maka Prestasi Belajar Akuntansi siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai thitung sebesar 4,206 > 1,971 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Self efficacy juga berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai nilai thitung sebesar 11,122 > 1,977 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Selanjutnya kebiasaan belajar dan self efficacy secara simultan berpengaruh signifikan terhadap Prestasi Belajar Akuntansi dengan nilai Fhitung sebesar 105,564 > 3,038 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 49,4%, sedangkan 50,6% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.