PENGARUH PRAKTIK KERJA LAPANGAN DAN HASIL BELAJAR MATA DIKLAT PRODUKTIF AKUNTANSI TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI DI KOTA MEDAN
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya kesiapan kerja siswa SMK Negeri program keahlian akuntansi di kota Medan. Penelitian inibertujuan untuk menguji pengaruh praktik kerja lapangan dan hasil belajar mata diklat produktif akuntansi terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII program keahlian akuntansi SMK Negeri di kota Medan. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Akuntansi sebanyak 408 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 202 siswa, dimana pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara dan penyebaran angket. Angket penelitian terlebih dahulu diuji validitas dan realiabilitas. Kemudian data yang terkumpul diolah menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Dari hasil analisis regresi linear berganda diperoleh nilai Y = 23,001+ 0,466X1 + 0,272X2. Berdasarkan model regresi tersebut diperoleh nilai koefisien praktik kerja lapangan (b1) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila praktik kerja lapangan (X1) mengalami kenaikan, maka kesiapan kerja siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variabel bebas lainnya bernilai tetap. Begitu juga halnya nilai koefisien hasil belajar mata diklat produktif akuntansi (b2) bernilai positif, mengandung arti bahwa apabila koefisien hasil belajar mata diklat produktif akuntansi (X2) mengalami kenaikan, kesiapan kerja siswa (Y) akan mengalami peningkatan dan sebaliknya dengan syarat variable bebas lainnya bernilai tetap. Berdasarkan pengujian hipotesis secara parsial, terdapat pengaruh yang signifikan antara praktik kerja lapangan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai thitung sebesar 10,272 > 1,971 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Hasil belajar mata diklat produktif akuntansi juga berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai thitung sebesar 3,034> 1,971 ttabel dan nilai signifikan sebesar 0,003<0,05. Selanjutnya praktik kerja lapangan dan hasil belajar mata diklat produktif akuntansi secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kesiapan kerja siswa dengan nilai Fhitung sebesar 61,737> 3,04 Ftabel dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 <0,05. Dengan besarnya pengaruh kedua variabel bebas tersebut adalah 37,7%, sedangkan 62,3% dijelaskan oleh variabel lain yang relevan dan tidak dikaji dalam penelitian ini.