Daftar Isi:
  • Penelitian ini diadakan di SMK Negeri 7 Medan pada semester genap tahun ajaran 2019/2020. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-AK 5 yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan strategi Rotating Trio Exchange. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dan tes hasil belajar . sedangkan teknik analisis data menggunakan data kuantitaif dan data kualitatif. Hasil analisis data observasi keaktifan siswa menunjukkan bahwa pada siklus I skor rata-rata keaktifan siswa mencapai 52,68% dan belum mencapai indikator keberhasilan 75%. Oleh karena itu penelitian dilanjutkan ke siklus II. Dan meningkat pada siklus II menjadi 82,81%. Analisis data tes hasil belajar menunjukkan bahwa sebelum tindakan terdapat 11,11% siswa yang tuntas dengan nilai rata-rata kelas 54,72 dan belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 85% dengan ketuntasan minimum ≥ 75. pada siklus I 27,77% siswa tuntas belajar dengan nilai rata-rata kelas 68,05 juga belum mencapai indikator keberhasilan yaitu 85% dengan ketuntasan minimum ≥ 75 dan meningkat pada siklus II menjadi 94,44% dengan nilai rata-rata kelas 80,41. Untuk menguji signifikan hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan uji t dengan =0.05. dari hasil perhitungan menunjukkan thitung = 10,43 dan ttabel = 2,03. Sehinggathitung > ttabel (10,43 > 2,03). Dengan kata lain peningkatan hasil belajar siswa signifikan sehingga Ha = X>Y diterima dan Ha = X= Y ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Think Pair Share dengan strategi Rotating Trio Exchange dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar akuntansis siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 7 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.