PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP KEBIASAAN BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya kebiasaan belajar pada siswa kelas X Jurusan akunatansi SMK Negeri 1 Medan dikarenakan rendahnya minat belajar siswa dan lingkungan belajar siswa yang kurang baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap kebiasaan belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan dan untuk mengetahui pengaruh lingkungan belajar terhadap kebiasaan belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 1 Medan yang berjumlah 144 siswa. Teknik pengambilan sampel yaitu dengan Simpel Random Sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis PLS (Partial Least Square) melalui software SmartPLS. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa kuesioner. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji PLS Algoritma, PLS Bootstrapping dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t. Hasil analisis yang diperoleh rata-rata direfleksikan diatas 0,5 dan indikator outer loading lebih tinggi dari 0,6. Data dari perhitungan untuk hipotesis minat belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh thitung sebesar 2,332 sedangkan ttabel sebesar 1,660 yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa minat belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa. Selanjutnya untuk hipotesis lingkungan belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa diperoleh thitung sebesar 10,663 sedangkan ttabel sebesar 1,660 yang berarti hipotesis diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa lingkungan belajar berpengaruh terhadap kebiasaan belajar siswa.