PENGARUH PROGRAM MAGANG KEPENDIDIDKAN, INDEKS PRESTASI DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP MINAT MENJADI GURU PADA MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI STAMBUK 2016 UNIVERSITAS NEGERI MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Stambuk 2016 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh program magang kependidikan, indeks prestasi dan informasi dunia kerja terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Stambuk 2016 Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilaksanakan di Jalan Wiliam Iskandar Pasar 5 Medan Tembung. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah 110 orang. Sampel sebanyak 86 mahasiswa dengan teknik cluster ramdom sampling kriteria minat menjadi guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah dengan menyebarkan angket yang diperoleh 60 angket dinyatakan valid dan reliable. Kemudian data yang terkumpul dari hasil angket dianalisis dengan menggunakan regresi linear berganda. Dari hasil analisis diperoleh hasil adanya pengaruh yang positif dan signifikan Program Magang Kependidikan (X1), Indeks Prestasi (X2) dan Informasi Dunia Kerja (X3) terdapat Minat Menjadi Guru (Y) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Stambuk 2016 Universitas Negeri Medan. Hal ini diketahui dengan nilai thitung > ttabel dimana hasil uji variabel program magang kependidikan terhadap minta menjadi guru menunjukkan nilai thitung 3,312 > 1,989 ttabel dengan nilai Rsquare (R2) sebesar 70,1%. Hasil uji variabel indeks prestasi terhadap minta menjadi guru menunjukkan nilai thitung 2,095 > 1,989 ttabel dengan nilai Rsquare (R2) sebesar 70,1%. Hasil uji variabel informasi dunia kerja terhadap minta menjadi guru menunjukkan nilai thitung 6,999 > 1,989 ttabel dengan nilai Rsquare (R2) sebesar 70,1%.