PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SOMATIC, AUDITORY, VISUALIZATION, INTELLECTUALLY (SAVI) TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI SISWA KELAS X AKUNTANSI SMK NEGERI 6 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar akuntansi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran konvensional pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 6 Medan yang beralamat di Jl. Jambi No. 23D, Pandau Hulu I, Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Akuntansi 2 dan X Akuntansi 3 dengan jumlah 88 orang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling. yaitu kelas X Akuntansi 2 (36 orang) dan X Akuntansi 3 (36 orang). Jadi total sampel adalah 72 orang. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar akuntansi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal. Tes yang diberikan pada sampel adalah tes standar yang validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda tes tidak perlu diuji lagi. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah menghitung nilai mean, standar deviasi, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Dari hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung sebesar 12,6174, sedangkan ttabel sebesar 1,66691 pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0,05 sehingga thitung > ttabel (12,6174 > 1,66691) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar akuntansi yang diajar dengan model pembelajaran Somatic Auditory Visualization Intellectually (SAVI) lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan hasil belajar akuntansi yang diajar dengan metode pembelajaran Konvensional pada siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 6 Medan.