Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Faktor Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi NIM 2017 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa NIM 2017 Jurusan Pendidikan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan berjumlah 97 orang dan sampel diambil 100 % (97) yang diambil secara keseluruhan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik komunikasi tidak langsung yang berupa angket, teknik analisis analisi data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Minat Mahasiswa Jurusan Pendidikan Geografi NIM 2017 Fakultas Ilmu Sosial UNIMED Menjadi Guru ditinjau dari faktor dengan data internal yaitu dorongan dalam diri dengan kategori berminat (79,33%), yaitu keinginan, hasrat ingin tahu dan bakat dengan rata-rata tinggi. Ditinjau dari faktor internal yaitu emosional adalah kategori berminat (83,68%), yaitu perasaan senang, antusias dengan rata-rata skala cukup tinggi. Ditinjau dari faktor eksternal yaitu sosial adalah kategori berminat yang diperoleh sebagian besar (74,79%), yaitu faktor lingkungan keluarga, masyarakat dan pergaulan dengan rata-rata juga cukup tinggi. Analisis Faktor Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa NIM 2017 Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Medan kategori berminat.