PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PERMAINAN ULAR TANGGA EKONOMI (UTAMI) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IPS DI SMAN 7 MEDAN
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar ekonomi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah pengembangan media pembelajaran permainan ular tangga ekonomi serta untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran permainan ular tangga ekonomi untuk meningkatkan motivasi belajar ekonomi siswa kelas X IPS SMAN 7 Medan. Penelitian ini dilaksana di SMAN 7 Medan. Subjek uji coba pada penelitian ini adalah sisw kelas X IPS SMAN 7 Medan T.P 2019/2020 yang berjumlah 43 siswa. Kemudian subjek uji coba dibagi atas subjek uji terbatas dan subjek uji coba lapangan. Penentuan besarnya jumlah subjek uji coba terbatas ditentukan secara acak dengan menggunakan 10 orang siswa dan subjek uji coba lapangan diambil secara keseluruhan sebanyak 30 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah angket validasi ahli, angket motivasi belajar siswa. Angket validasi ahli terdiri dari validasi ahli materi, media, dan desain pembelajaran. Angket motivasi belajar terdiri dari angket sebelum penggunaan dan sesudah penggunaan yang terdiri dari 20 butir pernyataan. Sebelum angket ini diberikan pada subjek uji coba terlebih dahulu angket ini diujicobakan untuk melihat tingkat validitas dan validitasnya. Hasil penelitian menunjukkan lima tahap dalam pembuatan Ular Tangga Ekonomi: 1) Analisis (Analysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Dari hasil analisa data hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh rerata sebesar 4,08 yang termasuk ke dalam kategori “Layak”, dan penilaian oleh ahli media diperoleh hasil rerata 4,085 yang termasuk ke dalam kategori “Layak”, dan penilaian dari ahli desain pembelajaran diperoleh hasil rerata sebesar 4,77 yang termasuk ke dalam kategori “Sangat Layak”. Selanjutnya hasil angket penilaian siswa terhadap media pembelajaran diperoleh hasil rerata skor sebesar 4,32 dengan kategori “Sangat Layak” dari 10 orang siswa pada uji coba terbatas dan rerata skor sebesar 4,56 dengan kategori “Sangat Layak” dari 33 siswa pada uji coba terbatas. Dengan demikan, Ular Tangga Ekonomi ini layak digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan analisis peningkatan motivasi belajar dengan uji t diperoleh t hitung = 17.917 > t tabel 2.0395 yang menunjukkan perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga pada materi keseimbangan pasar dan struktur pasar.