Daftar Isi:
  • Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penguasaan Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) dan efikasi diri terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru pada mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2016. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang beralamat di Jl. Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa program studi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2016 yang berjumlah 122 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah 94 mahasiswa yang diambil dengan menggunakan teknik pengambilan secara acak secara proporsi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, angket/ kuesioner. Untuk uji instrument data penelitian menggunakan uji validitas angket dan uji reliabilitas. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan persamaan regresi berganda. Untuk menguji hipotesis dengan rumus uji t dan uji f serta koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda diperoleh persamaan Y = 5,217 + 0,209 X1 + 0,682 X2 + e. Hasil analisis uji t untuk variable Penguasaan Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) (X1) diperoleh nilai thitung > ttabel (2,072 > 1,986), dengan demikian maka hipotesis pertama diterima yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara penguasaan Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) (X1) terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru (Y). Pada variable efikasi diri (X2) diperoleh nilai thitung > ttabel (9,529 > 1,986), dengan demikian hipotesis kedua diterima yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri (X2) terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru (Y). Berdasarkan uji F diperoleh bahwa Fhitung > Ftabel atau (94,728 > 3,100) dengan demikian bahwa hipotesis ketiga diterima yang berarti terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara Penguasaan Mata Kuliah Dasar Kependidikan (MKDK) (X1) dan efikasi diri (X2) terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru (Y) pada program studi pendidikan ekonomi stambuk 2016 Universitas Negeri Medan T.A 2019/202.