Daftar Isi:
  • Saat ini begitu banyak permasalahan pendidikan yang kita temui. Adapaun salah satu permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Swasta Methodist 7 Medan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran cooperative script terhadap hasil belajar ekonomi di kelas XI IPS SMA Swasta Methodist 7 Medan. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Swasta Methodist 7 Medan yang terletak di Jl. Madong Lubis No. 7 Medan pada semester 1 (ganjil) Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Swasta Methodist 7 Medan. Dan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yang merupakan bagian dari non probability sampling. Sampel jenuh yakni diambil berdasarkan populasi yang relative kecil, yakni kurang dari 30 populasi, dimana penulis mengambil seluruh populasi yang ada, yaitu kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis yakni menggunakan test yang terbagi 2 yaitu pre test dan post test. Sedangkan untuk teknik analisis penulis menggunakan perhitungan skor mentah untuk tiap kelompok, perhitungan standar deviasi, uji normalitas data, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa rata-rata pre test dan post test kelas eksperimen adalah rentang 64 sampai dengan 97 dengan rata-rata hitung 79,19 untuk pre test kelas ekperimen dan rentang 75 sampai 97 dengan rata-rata hitung 86,28. Sedangkan untuk uji validitasnya yaitu 0.33 dan uji reliabilitasnya 0.863. Dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung (13.78) > ttabel. Dengan kata lain Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan model pembelajaran Coopertaive Script dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dari hasil uji dan kesimpulan diatas maka dianjurkan kepada peneliti selanjutnya yang ingin menggunakan model pembelajaran Coopereative Script sebagai variable bebas dalam penelitiannya disarankan untuk meneliti aspek lain seperti minat, motivasi, kemampuan siswa berpikir kritis dan aktivitas siswa. Selain itu juga dianjurkan untuk mempersiapkan alokasi waktu penelitian sebaik mungkin agar model pembelajaran ini dapat berjalan sesuai dengan waktunya.