Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Negeri 1 Binjai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK dengan menerapkan model pembelajarn Small Group Discussion. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Binjai beralamat di Jl. Samanhudi No.20, Satria Kec.Binjai Kota, Kota Binjai. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK 2 dengan jumlah 35 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Small Group Discussion. Pembelajaran dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Masing- masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes soal akuntansi untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisis data yang dilakukan data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis diperoleh pada siklus I jumlah hasil aktivitas belajar siswa yang mendapat skor > 23 belum mencapai 80% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai > 70 belum mencapai 80 % dengan rata-rata nilai 66,71% sehingga dilanjutkan ke siklus II. Di siklus II diperolah hasil aktivitas belajar siswa yang mendapat skor > 23 sudah mencapai 80% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai > 70 sudah mencapai 80 % dengan rata-rata nilai 81, sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Small Group Discussion dapat meingkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa.