PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS XI IIS SMA NEGERI 9 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar ekonomi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih tinggi dibanding dengan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri 9 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 9 Medan yang beralamat di JL.Sei Mati No. 799 Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IIS yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah 95 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Purposive Sampling, yaitu kelas XI IIS-1 (36 orang) dan XI IIS-2 (33 orang). Jadi total sampel adalah 69 orang. Teknik pengumpulan data untuk mengukur hasil belajar ekonomi adalah tes pilihan ganda berjumlah 20 butir soal yang diuji terlebih dahulu validitas, reliabilitas, daya pembeda soal, dan taraf kesukaran soal. Teknik analisa data yang digunakan yaitu dengan uji normalitas, uji homogenitas, dan menghitung uji hipotesis dengan menggunakan uji t dengan kriteria jika thitung > ttabel pada α = 0.05, maka hipotesis tidak dapat ditolak. Dari hasil analisis data dan perhitungan pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 35,41 dengan standar deviasi 9,21 dan nilai rata-rata posttest sebesar 80.14 dengan standar deviasi 7.415. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata pretest yaitu sebesar 36.21 dengan standar deviasi 8.572 dan nilai rata-rata posttest sebesar 65.15 dengan standar deviasi 8.969. Hasil uji hipotesis t test diperoleh nilai thitung sebesar 7.609, sedangkan ttabel sebesar 1.669 pada tingkat kepercayaan 95% dan α = 0.05 sehingga thitung > ttabel (7.609 > 1.669) artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih tinggi secara signifikan dibanding dengan hasil belajar ekonomi yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI IIS SMA Negeri 9 Medan.