Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Antara Manajemen Waktu dan Motivasi Belajar terhadap Perolehan Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan dengan mengambil populasi yang berjumlah 113 orang mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner (angket). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa melalui uji t (parsial) ada pengaruh antara manajemen waktu terhadap perolehan Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi dengan perhitungan nilai thitung>ttabel (7,010 > 1,988) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Dengan demikian, maka Ha diterima dan H0 ditolak yang berarti ada pengaruh positif dan signifikan antara manajemen waktu (X1) terhadap perolehan Indeks Prestasi Kumulatif (Y) mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi UNIMED. Dan ada pengaruh motivasi belajar terhadap perolehan Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi nilai thitung> ttabel (8,722 > 1,988) dengan nilai signifikansi lebih kecil dari taraf siginifikansi 0,05 (0,000 < 0,05). Serta ada pengaruh antara manajemen waktu dan motivasi belajar terhadap perolehan Indeks Prestasi Kumulatif mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Stambuk 2017 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan melalui uji F (simultan) dengan perhitungan membandingkan nilai Fhitung sebesar 64,791 dan nilai siginifikasnsi 0,000 dan hal ini berarti Fhitung 64,791 > Ftabel 3,100 dan nilai sig α sebesar 0,000 < 0,05. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah secara t (pasrsial) manajemen waktu berpengaruh terhadap perolehan indeks prestasi kumulatif mahsiswa Prodi Pendidikan Ekonomi dan motivasi belajar berpengaruh terghadap perolehan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi. Secara uji f (simultan) manajemen waktu dan motivasi belajar berpengaruh terhadap perolehan indeks prestasi kumulatif mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.