Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar ekonomi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan peningkatan aktivitas dan hasil belajar ekonomi melalui penerapan model pembelajaran Think Pair Share siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 7 Medan. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020 yang berjumlah 31 orang. Jenis Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dimana masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah dengan lembar observasi aktivitas belajar dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan yaitu Data Kualitatif dan Data Kuantitatif. Dari hasil analisis data aktivitas belajar mengalami peningkatan 35,49%, yaitu 48,38% di Siklus I dan 83,87% di siklus II dengan demikian hipotesis I diterima. Perolehan hasil belajar siswa yaitu Pretest 32,25% siswa yang tuntas (10 siswa) dengan nilai rata-rata 64,67, pada Siklus I meningkat 16,13% menjadi 48,38% siswa yang tuntas (15 siswa) dengan nilai rata-rata 72,90, pada Siklus II meningkat 38,71% menjadi 87,09% siswa yang tuntas (27 siswa) dan telah memenuhi ketuntasan secara Klasikal 75% dengan demikian hipotesis II diterima. Dapat disimpulkan bahwa aktivitas dan hasil belajar ekonomi mengalami peningkatan setelah diterapkan model pembelajaran Think Pair Share pada siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 7 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020.