Daftar Isi:
  • Jenis Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 142 peserta didik, yang disampel dengan teknik Proportionate Cluster Random Sampling sehingga diperoleh 105 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket dan dokumentasi sehingga diperoleh data yang dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, yaitu teknik analisis regresi linear berganda. Konsep diri dan motivasi belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa secara bersama-sama terhahadap hasil belajar ekonomi siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Dolok Batu Nanggar Tahun Ajaran 2019/2020 dengan koefisien determinasi sebesar 0,928. Variabel konsep diri dan motivasi belajar sangat dominan dalam mempengaruhi hasil belajar.Oleh karena itu, perlu disarankan adanya peningkatan dan perhatian terhadap variabel-variabel tersebut sehingga diperoleh hasil belajar yang maksimal.