PENGARUH PENGGUNAAN E-LEARNING DAN MINAT BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN EKONOMI FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN STAMBUK 2016
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini Prestasi Belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi stambuk 2016 Unimed masih belum mencapai prestasi yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan E-learning dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi Unimed. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Ekonomi stambuk 2016 Unimed yang berjumlah 122 mahasiswa dan sampel sebanyak 93 mahasiswa dengan teknik simple random sampling. Teknik pengambilan data menggunakan observasi, dokumentasi dan penyebaran angket. Uji validitas dengan menggunakan teknik analisis product moment dan reliabilitas angket menggunakan rumus Alpha Croanbanch. Persamaan regresi linear berganda menunjukkan Y= 2,015 + 0,011 (X1) + 0,008 (X2) + 0,05. Hasil uji t (parsial) menunjukkan Penggunaan E-learning terdapat pengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar. Minat Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar. Secara simultan, kategori Penggunaan e-learning dan Minat Belajar berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menulis karya ilmiah. Hasil uji koefisien determinasi (R2) sebesar 62,1% dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian.