Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK SMK Swasta Tunas Karya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa kelas X AK dengan menerapkan model pembelajarn Contextual Teaching And Learning Dengan Menggunakan Multimedia Pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Swasta Tunas Karya beralamat di Jl. Batang kuis Desa Tanjung Sari Kecamatan Batang Kuis,Sumatera Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AK I dengan jumlah 30 orang siswa dan objek penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Menggunakan Multimedia Pembelajaran dalam upaya meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akuntansi siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dan dilakukan dalam dua siklus. Masing- masing siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk melihat aktivitas belajar siswa dan tes soal akuntansi untuk melihat hasil belajar akuntansi siswa. Adapun teknik analisis data yang dilakukan data kualitatif dan kuantitatif. Dari hasil analisis diperoleh pada siklus I jumlah hasil aktivitas belajar siswa yang mendapat skor > 23 belum mencapai 80% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai > 75 belum mencapai 80 % dengan rata-rata nilai 72,16 sehingga dilanjutkan ke siklus II. Di siklus II diperolah hasil aktivitas belajar siswa yang mendapat skor > 23 sudah mencapai 80% dan jumlah hasil belajar yang memperoleh nilai > 75 sudah mencapai 80 % dengan rata-rata nilai 80,66, sehingga tidak perlu lagi dilanjutkan ke siklus berikutnya. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Contextual Teaching And Learning Dengan Menggunakan Multimedia Pembelajaran.